Bidang Perdagangan

Diposting pada

Kepala Bidang Perdagangan dan Perlindungan Konsumen mempunyai ikhtisar jabatan menyiapkan bahan bimbingan teknis terhadap pelaksanaan kebijaksanaan pembinaan dan pengembangan sarana usaha, pemanfaatan dan evaluasi pelaksanaan kebijaksanaan teknis serta memberikan pembinaan teknis dibidang Perdagangan dan Perlindungan Konsumen;

Untuk melaksanakan ikhtisar jabatan sebagaimana, Kepala Bidang Perdagangan dan Perlindungan Konsumen meyelenggarakan fungsi:

  1. Penyiapan petunjuk teknis pembinaan dan penyiapan perizinan serta pedoman dibidang Perdagangan;
  2. Penyiapan bahan bimbingan teknis dan petunjuk teknis pengembangan sarana, usaha, pasar, pengadaan dan penyaluran, serta perlindungan konsumen;
  3. Pelaksanaan bimbingan teknis pembinaan dan pengembangan sarana, usaha, pasar, pengadaan dan penyaluran, serta perlindungan konsumen dibidang perdagangan;
  4. Perencanaan pengembangan usaha dibidang perdagangan;
  5. Pembinaan dan penyuluhan serta pelayanan kepada konsumen/masyarakat terhadap akses negatif dari pemakaian produk barang dan jasa;
  6. Pengawasan terhadap produk industri dan perdagangan yang beredar di pasar;
  7. Penganalisisan dan pengevaluasian terhadap pelaksanaan tugas perlindungan konsumen dan pengawasan peredaran barang; dan
  8. Pembinaan pengendalian, monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.

Untuk melaksanakan fungsi sebagaimana, Kepala Bidang Perdagangan dan Perlindungan Konsumen mempunyai uraian tugas :

  1. Memahami peraturan perundang-undangan dan ketentuan lainnya yang diperlukan untuk menunjang pelaksanaan tugas;
  2. Menyusun rencana jangka panjang, menengah dan pendek pembangunan di bidang Perdagangan dan Perlindungan Konsumen;
  3. Merencanakan operasional kegiatan pada Bidang Perdagangan dan Perlindungan Konsumen sebagai penjabaran dari rencana program sesuai acuan dan standar kerja;
  4. Membagi tugas kepada Kepala Seksi sesuai dengan bidang tugasnya;
  5. Memberi petunjuk dan membina secara teknis kepada masing-masing kepala seksi agar tugas dapat dilaksanakan sesuai rencana, prosedur dan ketentuan yang berlaku;
  6. Mengatur, memeriksa, mengoreksi dan mengontrol hasil kerja bawahan dibidang Perdagangan dan Perlindungan Konsumen untuk perbaikan dan penyempurnaan lebih lanjut;
  7. Memfasilitasi dan memonitor terhadap penerapan standar yang akan dikembangkan serta kerjasama bidang standarisasi bidang Perdagangan dan Perlindungan Konsumen;
  8. Melaksanakan penerapan standar kompetensi SDM Perdagangan dan Perlindungan Konsumen dan pelaksanaan diklat SDM Bidang Perdagangan dan Perlindungan Konsumen;
  9. Memverifikasi pemeriksaan fasilitas penyimpanan bahan berbahaya dan pengawasan distribusi, pengemasan dan pelabelan bahan berbahaya di tingkat Daerah Kabupaten/Kota;
  10. Mengkoordinasikan pembangunan dan pengelolaan sarana distribusi perdagangan;
  11. Mengawasi pemantauan harga dan stock barang kebutuhan pokok dan barang penting di tingkat pasar Kabupaten/Kota;
  12. Mengoordinasikan operasi pasar dalam rangka stabilisasi harga pangan pokok yang dampaknya dalam Daerah Kabupaten/Kota;
  13. Mengoordinasikan promosi dagang melalui pameran dagang nasional, pameran dagang lokal dan misi dagang bagi produk ekspor unggulan yang pada 1 (satu) Daerah Kabupaten/Kota;
  14. Mengoordinasikan pelaksanaan metrologi legal berupa tera, tera ulang dan pengawasan;
  15. Memberikan penilaian prestasi kerja dengan disertai pembinaan kepada bawahan untuk peningkatan kinerja sumber daya manusia aparatur pemerintah;
  16. Melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan dibidang Perdagangan dan Perlindungan Konsumen sebagai pertanggungjawaban;
  17. Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Dinas Koperasi UKM, Industri dan Perdagangan secara tertulis maupun lisan; dan
  18. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan sesuai petunjuk atasan/pimpinan.

Untuk menjalankan tugas, fungsi, dan uraian tugas sebagaimana dimaksud di atas, Kepala Bidang Perdagangan dan Perlindungan Konsumen dibantu oleh:

Kepala Seksi Perlindungan Konsumen mempunyai ikhtisar jabatan melakukan perlindungan terhadap konsumen dan memberikan pembinaan teknis dan pengawasan terhadap barang yang beredar;

Untuk melaksanakan ikhtisar jabatan sebagaimana, Kepala Seksi Perlindungan Konsumen menyelenggarakan fungsi :

  1. Pengawasan terhadap produk industri dan perdagangan yang beredar;
  2. Pemantauan produk industri dan perdagangan yang beredar untuk menghindari akses negatif dalam pemakaian produk barang dan jasa;
  3. Pembinaan dan fasilitasi penyelesaian sengketa konsumen dengan pelaku usaha serta pelayanan kepada pengaduan konsumen;
  4. Pelaksanaan kerjasama dengan pihak terkait dalam penyelesaian sengketa konsumen; dan
  5. Pembinaan, pengendalian, monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.

Untuk melaksanakan fungsi sebagaimana, Kepala Seksi Perlindungan Konsumen mempunyai uraian tugas :

  1. Memahami peraturan perundang-undangan dan ketentuan lainnya yang diperlukan untuk menunjang pelaksanaan tugas;
  2. Merencanakan operasional kegiatan Perlindungan Konsumen;
  3. Menyiapkan bahan untuk bimbingan teknis perlindungan konsumen;
  4. Membagi tugas kepada bawahan sesuai tugas dan fungsinya masing-masing agar semua kegiatan berjalan dengan baik;
  5. Memberi petunjuk, pembinaan dan pengarahan secara teknis operasional kepada bawahannya, baik secara tertulis maupun lisan agar tugas dapat dilaksanakan sesuai rencana, prosedur dan ketentuan yang berlaku;
  6. Mengatur / memeriksa / mengoreksi / mengontrol dan memantau hasil kerja staff Seksi Perlindungan Konsumen sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku;
  7. Mengkoordinasikan penyusunan rencana program dan anggaran seksi Perlindungan Konsumen sesuai dengan arahan pimpinan sebagai pedoman kerja;
  8. Mengkoordinasikan dan bekerjasama dengan instansi terkait dalam penyelenggaraan perlindungan konsumen;
  9. Melaksanakan pembinaan dan mengkoordinasikan pelaksanaan penyuluhan perlindungan konsumen;
  10. Mengkoordinasikan pelaksanaan Tera dan Tera Ulang Alat-alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) dan Barang Dalam Keadaan Terbungkus (BDKT);
  11. Melaksanakan sosialisasi, informasi dan publikasi tentang perlindungan konsumen;
  12. Melaksanakan pemeriksaan fasilitas penyimpanan bahan berbahaya dan pengawasan distribusi, pengemasan dan pelabelan bahan berbahaya di tingkat Daerah Kabupaten/Kota;
  13. Merencanakan pelaksanaan metrologi legal berupa tera, tera ulang dan pengawasan;
  14. Melaksanakan pelayanan dan penanganan penyelesaian sengketa konsumen skala kabupaten;
  15. Mengevaluasi dan menilai prestasi kerja staff Seksi Perlindungan Konsumen dengan meneliti dan memantau pelaksanaan tugas di Seksi Perlindungan Konsumen sebagai bahan dalam pengambilan keputusan;
  16. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh pimpinan berkenaan dengan pelaksanaan tugas di Seksi Perlindungan Konsumen;
  17. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan untuk bahan kebijakan selanjutnya

Kepala Seksi Perdagangan Dalam dan Luar Negeri mempunyai ikhtisar jabatan menyiapkan bahan bimbingan teknis pembinaan usaha dan sarana perdagangan, pelaksanaan kebijakan teknis usaha perdagangan, ekspor, pemantauan dan evaluasi kegiatan impor, penyebaran informasi internasional, promosi perdagangan dalam dan luar negeri;

Untuk melaksanakan ikhtisar jabatan sebagaimana, Kepala Seksi Perdagangan Dalam dan Luar Negeri menyelenggarakan fungsi :

  1. Penyiapan petunjuk teknis pembinaan dan penyiapan perizinan serta pedoman dibidang Perdagangan Dalam Negeri;
  2. Penyiapan bahan bimbingan teknis dan petunjuk teknis pengembangan sarana, usaha, pasar, pengadaan dan penyaluran dibidang Perdagangan Dalam Negeri;
  3. Pelaksanaan bimbingan teknis pembinaan dan pengembangan sarana, usaha, pasar, pengadaan dan penyaluran dibidang perdagangan dalam negeri;
  4. Perencanaan pengembangan usaha dibidang perdagangan dalam negeri;
  5. Penyiapan petunjuk teknis dalam rangka pengelolaan, pembinaan, pengembangan ekspor industri dan non industri;
  6. Pembinaan pengendalian, monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.

Untuk melaksanakan fungsi sebagaimana), Kepala Seksi Perdagangan Dalam dan Luar Negeri mempunyai uraian tugas :

  1. Merencanakan operasional kegiatan Bidang Perdagangan Dalam Negeri dan Luar Negeri sebagai penjabaran dari rencana program sebagai pedoman dan standar kerja;
  2. Membagi tugas kepada bawahan Seksi Perdagangan Dalam Negeri dan Luar Negeri;
  3. Memberi petunjuk dan membina secara teknis operasional kepada bawahan secara tertulis dan lisan agar tugas dapat dilaksanakan sesuai rencana, prosedur dan ketentuan yang berlaku;
  4. Menyiapkan dan menyusun petunjuk teknis dalam rangka pembinaan dan pemberian serta pengendalian ijin usaha serta sarana perdagangan sesuai ketentuan yang berlaku;
  5. Meningkatkan kemampuan dan ketrampilan pengusaha dalam melaksanakan kegiatan perdagangan;
  6. Melakukan pembinaan dan pengawasan, monitoring dan evaluasi kegiatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri;
  7. Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan pengumpulan/ penyiapan bahan masukan petunjuk teknis dalam rangka pengelolaan, pembinaan, pengembangan ekspor hasil industri dan non industri;
  8. Melaksanakan pembinaan dan asistensi kepada pegawai dalam pengembangan promosi dagang di dalam dan luar negeri;
  9. Melaksanakan rencana pembangunan dan pengelolaan sarana distribusi perdagangan;
  10. Mengawasi pemantauan harga dan stock barang kebutuhan pokok dan barang penting di tingkat pasar Kabupaten/Kota;
  11. Melaksanakan operasi pasar dalam rangka stabilisasi harga pangan pokok yang dampaknya dalam Daerah Kabupaten/Kota;
  12. Melaksanakan promosi dagang melalui pameran dagang nasional, pameran dagang lokal dan misi dagang bagi produk ekspor unggulan yang pada 1 (satu) Daerah Kabupaten/Kota;
  13. Melaksanakan kampanye pencitraan produk ekspor skala daerah provinsi (lintas daerah kabupaten/kota);
  14. Memberi penilaian prestasi kerja disertai pembinaan kepada bawahan di lingkungan Seksi Perdagangan Dalam Negeri dan Luar Negeri;
  15. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan petunjuk atasan;
  16. Membuat laporan pelaksanaan tugas seksi perdagangan dalam negeri dan luar negeri kepada atasan untuk bahan kebijakan selanjutnya.

Kepala Pasar UPTD Pasar Daerah di Komplek Pasar SAIK dan Pasar Tengah kula  Pembuang mempunyai tugas pokok  memimpin pelaksanaan tugas UPTD Pasar Daerah di Komplek Pasar SAIK dan Pasar Tengah Kuala Pembuang

Untuk melaksanakan ikhtisar jabatan sebagaimana dimaksud Kepala UPTD Pasar Daerah diKomplek Pasar SAIK dan Pasar Tengah Kuala Pembuang mempunyai tugas sebagai berikut.

  1. Pelaksanaan Pembinaan, Pengelolaan Pasar Daerah diKomplek Pasar SAIK dan Pasar Tengah Kuala Pembuang;
  2. Pelaksanaan, Pelayanan, Pengembangan dan Pemeliharaan Pasar Daerah diKomplek Pasar SAIK dan Pasar Tengah Kuala Pembuang;
  3. Penyediaan Informasi dan Pengadaan Pasar di Pasar Daerah diKomplek Pasar SAIK dan Pasar Tengah Kuala Pembuang;
  4. Pelaksanaan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pasar Daerah diKomplek Pasar SAIK dan Pasar Tengah Kuala Pembuang;
  5. Pelaksanaan urusan ketatausahaan dan keuangan UPTD Pasar Daerah diKomplek Pasar SAIK dan Pasar Tengah Kuala Pembuang;
  6. Melaksanakan tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh pimpinan.