Bidang Koperasi dan Usaha Kecil Menengah

Diposting pada

Kepala Bidang Koperasi dan UKM mempunyai ikhtisar jabatan melaksanakan penyusunan rencana dan penjabaran kebijakan teknis dalam rangka pembinaan kelembagaan, usaha, kemitraan dan permodalan Koperasi dan UKM;

Untuk melaksanakan ikhtisar jabatan sebagaimana), Kepala Bidang Koperasi dan UKM menyelenggarakan fungsi:

  1. Penyusunan rencana program kegiatan sebagai bahan rumusan penjabaran kebijakan teknis dibidang koperasi, kelembagaan dan kemitraan usaha;
  2. Penyusunan bahan dalam rangka koordinasi pelayanan perijinan usaha, pengembangan usaha, fasilitasi pembiayaan, kerjasama usaha pada bidang Koperasi dan UKM;
  3. Pelaksanaan kebijakan teknis pelayanan perijinan usaha, pengembangan usaha, fasilitasi pembiayaan dan kerjasama pada bidang Koperasi dan UKM;
  4. Pembinaan dan penyusunan standar teknis usaha tani dan pengembangan Bidang Koperasi;
  5. Pembinaan dan pengkoordinasian sistem komunikasi di Bidang Koperasi;
  6. Penyusunan standar teknis pengembangan kelembagaan koperasi;
  7. Pembinaan pengkoordinasian tata laksana operasional sarana usaha tani dan pengembangan Bidang Koperasi;
  8. Pembinaan, pengendalian, monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.

Untuk melaksanakan fungsi sebagaimanaKepala Bidang Koperasi dan UKM mempunyai uraian tugas :

  1. Memverifikasi data dan jumlah koperasi yang akurat;
  2. Memverifikasi data dan jumlah koperasi simpan pinjam/unit simpan pinjam yang akurat;
  3. Mengkoordinasikan dan memverifikasi dokumen izin usaha simpan pinjam untuk koperasi;
  4. Mengkoordinasikan pembentukan koperasi, perubahan anggaran dasar koperasi dan pembubaran koperasi;
  5. Mengkoordinasikan bimbingan dan penyuluhan dalam pembuatan laporan tahunan koperasi simpan pinjam/unit simpan pinjam;
  6. Mengkoordinasikan pengawasan dan pemeriksaan koperasi yang wilayah keanggotaannya dalam 1 (satu) kabupaten/kota;
  7. Mengkoordinasikan pengawasan dan pemeriksaan koperasi simpan pinjam/unit simpan pinjam koperasi yang wilayah keanggotaannya dalam 1 (satu) kabupaten/kota;
  8. Mengkoordinasikan pelaksanaan penilaian kesehatan koperasi simpan pinjam/unit simpan pinjam;
  9. Mengkoordinasikan upaya penciptaan iklim usaha simpan pinjam yang sehat melalui penilaian koperasi;
  10. Mengkoordinasikan penyediaan data kesehatan koperasi simpan pinjam/unit simpan pinjam;
  11. Mengkoordinasikan penerapan peraturan perundang-undangan dan sanksi bagi koperasi;
  12. Mengkoordinasikan pelaksanaan pemberdayaan koperasi;
  13. Mengkoordinasikan perluasan akses pembiayaan/ permodalan bagi koperasi;
  14. Mempromosikan akses pasar bagi produk koperasi di tingkat lokal dan nasional;
  15. Mengoordinasikan pelaksanaan pembinaan dan bimbingan teknis anggota koperasi;
  16. Mengkoordinasikan kemitraan antara koperasi dan badan usaha lainnya;
  17. Mengoordinasikan pelaksanaan pendidikan dan latihan bagi perangkat organisasi koperasi;
  18. Mengoordinasikan pelaksanaan perlindungan koperasi;
  19. Mengoordinasikan pemberdayaan dan perlindungan usaha mikro;
  20. Mempromosikan akses pasar bagi produk usaha mikro di tingkat lokal dan nasional;
  21. Mengkoordinasikan pendataan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK);
  22. Mengkoordinasikan pengembangan usaha mikro dengan orientasi peningkatan skala usaha kecil Menengah;
  23. Mengkoordinasikan pengembangan kewirausahaan;
  24. Mengkoordinasikan pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan pemberdayaan/ pengembangan/pembinaan Koperasi dan UKM;
  25. Membagi tugas kepada Kepala Seksi dan bawahannya sesuai dengan fungsinya masing-masing agar semua tugas dapat terlaksana dengan baik dan lancar;
  26. Memberikan petunjuk, membimbing dan membina secara teknis operasional Kepala Seksi dan bawahannya sesuai dengan fungsinya masing-masing agar semua tugas dapat dilaksanakan sesuai rencana, prosedur dan ketentuan yang berlaku;
  27. Mengatur/memeriksa/mengoreksi/mengontrol hasil kerja Kepala Seksi dengan meneliti dan memantau pelaksanaan pekerjaan bawahan untuk perbaikan dan penyempurnaan lebih lanjut;
  28. Mengevaluasi dan menilai prestasi kerja Kepala Seksi dilingkungan Bidang Koperasi dan UKM dengan meneliti dan memantau pelaksanaan pekerjaan bawahan untuk perbaikan dan penyempurnaan lebih lanjut;
  29. Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Dinas baik secara tertulis maupun lisan tentang pelaksanaan tugas di Bidang Koperasi dan UKM sebagai bahan dalam pengambilan keputusan;
  30. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh Kepala Dinas.

Untuk menjalankan tugas, fungsi, dan uraian tugas sebagaimana dimaksud di atas, Kepala Bidang Koperasi dan UKM dibantu oleh :

Kepala Seksi Pembinaan Koperasi mempunyai ikhtisar jabatan melaksanakan tugas penyusunan dan melaksanakan rencana program dan kegiatan pembinaan, pengembangan kelembagaan koperasi, usaha koperasi baik dalam bidang manajemen, keusahawanan produksi, pemasaran, keuangan/permodalan dan pembukuan koperasi, sebagai bahan rumusan, penjabaran kebijakan teknis dalam Seksi Pembinaan Koperasi;

Untuk melaksanakan ikhtisar jabatan Kepala Seksi Pembinaan Koperasi menyelenggarakan fungsi:

  1. Melaksanakan pengumpulan, pengolahan dan penyiapan bahan rumusan serta penjabaran dalam rangka penyusunan rencana program kegiatan sebagai bahan rumusan penjabaran kebijakan teknis dibidang pelayanan pembinaan kelembagaan koperasi dan usaha koperasi;
  2. Menyiapkan bahan dalam rangka koordinasi pelayanan pembinaan kelembagaan koperasi dan usaha koperasi;
  3. Melaksanakan kebijakan teknis dan pengendalian untuk pelayanan pembinaan kelembagaan koperasi dan usaha koperasi; dan
  4. Pembinaan, pengendalian, monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.

Untuk melaksanakan fungsi sebagaimana dimaksud, Kepala Seksi Pembinaan Koperasi mempunyai uraian tugas:

  1. Merencanakan operasional kegiatan Seksi Pembinaan Koperasi;
  2. Membagi tugas kepada para staff pelaksana dilingkungan Seksi Pembinaan Koperasi sesuai dengan fungsinya masing-masing agar semua tugas dapat terlaksana dengan baik dan lancar;
  3. Memberi petunjuk secara teknis pelaksanaan kegiatan kepada bawahan dilingkungan Seksi Pembinaan Koperasi sesuai dengan fungsinya masing-masing agar semua tugas dapat terlaksana dengan baik dan lancar;
  4. Menyusun direktori koperasi dan profil usaha koperasi setiap tahun;
  5. Menganalisis berkas pembentukan koperasi dan perubahan anggaran dasar koperasi;
  6. Menganalisis berkas pembubaran koperasi;
  7. Merencanakan bimbingan dan penyuluhan dalam pembuatan laporan tahunan koperasi simpan/unit simpan pinjam;
  8. Menganalisis data dan jumlah koperasi serta koperasi simpan pinjam/unit simpan pinjam yang akurat;
  9. Menganalisis penerapan peraturan perundang-undangan;
  10. Menganalisis penerapan sanksi bagi koperasi;
  11. Merencanakan pelaksanaan pembinaan dan bimbingan teknis anggota koperasi;
  12. Merencanakan upaya penciptaan iklim usaha yang sehat melalui penilaian kesehatan koperasi;
  13. Menganalisis data penilaian kesehatan koperasi simpan pinjam/unit simpan pinjam;
  14. Menyusun data kesehatan koperasi simpan pinjam/unit simpan pinjam;
  15. Merencanakan pemeriksaan dan pengawasan kelembagaan dan usaha koperasi;
  16. Merencanakan pemeriksaan dan pengawasan koperasi simpan pinjam/unit simpan pinjam;
  17. Mengembangkan perluasan akses pembiayaan/ permodalan bagi koperasi;
  18. Membuat konsep kemitraan antara koperasi dan badan usaha lainnya;
  19. Mengembangkan akses pasar bagi produk koperasi ditingkat lokal dan nasional;
  20. Merencanakan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan bagi perangkat organisasi koperasi;
  21. Menyusun konsep pengembangan pendidikan dan latihan bagi perangkat organisasi koperasi;
  22. Merencanakan kegiatan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan pemberdayaan/ pembinaan koperasi;
  23. Melaksanakan evaluasi dan menilai prestasi kerja bawahan dengan meneliti dan memantau pelaksanaan pekerjaan bawahan untuk perbaikan dan penyempurnaan lebih lanjut;
  24. Melaksanakan tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh pimpinan berkenaan dengan pelaksanaan tugas Seksi Pembinaan Koperasi;
  25. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan untuk bahan penilaian dan kebijakan lebih lanjut

Kepala Seksi Pembinaan UKM mempunyai ikhtisar jabatan merencanakan dan melaksanakan pengumpulan, pengolahan, penyiapan bahan rumusan, penjabaran dan kebijakan teknis;

Untuk melaksanakan ikhtisar jabatan sebagaimana dimaksud, Kepala Seksi Pembinaan UKM menyelenggarakan fungsi:

  1. Pengumpulan, pengolahan dan penyiapan bahan rumusan, serta penjabaran dalam rangka pelayanan perijinan, pengembangan dan pembinaan kemitraan usaha UKM;
  2. Penyiapan bahan dalam rangka koordinasi, pelayanan perijinan, pengembangan, pembiayaan dan kerjasama usaha UKM;
  3. Pembinaan, pengendalian, monitoring dan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.

Untuk melaksanakan fungsi sebagaimana dimaksud, Kepala Seksi Pembinaan UKM mempunyai uraian tugas:

  1. Menyusun rencana dan program kerja Seksi Pembinaan UKM serta operasional kegiatan sebagai penjabaran rencana program, pedoman dan standar kerja;
  2. Membagi tugas kepada para staff pelaksana dilingkungan Seksi Pembinaan Koperasi sesuai dengan fungsinya masing-masing agar semua tugas dapat terlaksana dengan baik dan lancar;
  3. Memberi petunjuk secara teknis pelaksanaan kegiatan kepada bawahan dilingkungan Seksi Pembinaan UKM sesuai dengan fungsinya masing-masing agar semua tugas dapat terlaksana dengan baik dan lancar;
  4. Menyiapkan dan menyusun rencana program, anggaran dan program kerja seksi pembinaan UKM berupa penumbuhan iklim usaha, pengembangan usaha, fasilitasi bimbingan pendampingan dan bantuan perkuatan, kemitraaan usaha, fasilitasi pembiayaan dan penjaminan UMKM;
  5. Menyiapkan bahan pembinaan dan asistensi kepada pejabat/pegawai yang menangani teknis penumbuhan iklim usaha, pengembangan usaha, fasilitasi bimbingan pendampingan dan bantuan perkuatan, kemitraan usaha, fasilitasi pembiayaan dan penjaminan UKM;
  6. Menyiapkan bahan/sistem evaluasi, pengendalian dan melaksanakan secara teknis terhadap penumbuhan iklim usaha, pengembangan usaha, fasilitasi bimbingan pendampingan dan bantuan perkuatan, kemitraan usaha serta fasilitasi pembiayaan dan penjaminan UKM;
  7. Mengembangkan pemberdayaan dan perlindungan usaha kecil dan menengah;
  8. Merencanakan pengembangan usaha mikro dengan orientasi peningkatan skla usaha menjadi usaha kecil dan Menengah;
  9. Merencanakan pengembangan kewirausahaan;
  10. Merencanakan kegiatan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan pemberdayaan/ pembinaan UKM;
  11. Melaksanakan evaluasi dan menilai prestasi kerja bawahan dengan meneliti dan memantau pelaksanaan pekerjaan bawahan untuk perbaikan dan penyempurnaan lebih lanjut;
  12. Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Bidang, baik secara lisan maupun tertulis tentang pelaksanaan tugas Seksi Pembinaan UKM sebagai bahan dalam pengambilan keputusan;
  13. Melaksanakan tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh pimpinan berkenaan dengan pelaksanaan tugas Seksi Pembinaan UKM.